Ads Top

Prinsip Nomor Satu Para Miliuner


Siapkah anda menerima penghasilan yang lebih besar ?? sebagian besar mungkin mengatakan siap dan sebagian orang lagi mengatakan tidak siap.

Kenapa ? karena kabar buruknya tidak peduli berapa besar pun penghasilan yang kita peroleh, Anda tidak akan menjadi kaya kecuali anda memahami prinsip nomor satu yang di pegang dan menjadi kebiasaan para jutawan di dunia.

Prinsip ini mungkin sering diabaikan, namun kabar baiknya prinsip ini akan memberikan dampak perubahaan  besar terhadap keuangan pribadi atau bisnis anda. 

Ini lah alasannya :

1.Apabila tidak dikelolah, pengeluaran selalu akan naik mendekati tingkat pendapatan

Mengelolah pengeluaran merupakan keahliaan yang sangat penting, karena ketika belanja kita tidak terkontrol, pengeluaran cenderung naik dan akan mendekati tingkat pendapatan kita.
Ketika berpenghasilan Rp 5.000.000 kita akan selalu bisa untuk menghabiskannya dan jatuh bangkrut. Ketika mulai berpenghasilan lebih Rp 15.000.000 perbulan, kita yakin bahwa kita pantas untuk sesuatu yang lebih mewah, makan di restoran, cicil rumah, cicil mobil, bergaya hidup mewah hingga pengasilan kita tergerus habis  dan kita harus memulai dari awal lagi tanpa ketahanan finansial.

2.Cara hidup miliuner yang sesungguhnya 

Lalu seperti apakah cara hidup miliuner ? banyak orang diluar sana yang tetap menghambur –hamburkan uangnya karena terpengaruh tentang distorsi arti kekayaan melalui media iklan telvisi, sinetron dan lainnya. Yang menyembakan bahwa hidup seorang miliuner di artikan dengan simbol simbol barang mewah seperti mobil mewah, hp mewah, rumah mewah, gaya hidup mewah dll
Ternyata semua itu tidaklah tepat, karena para miliuner hidup dengan sederhana, membeli barang berdasarkan fungsinya. 

Lalu siapa yang bergaya hidup menghambur hamburkan uang, biasanya adalah :

a.Orang kaya palsu

Mereka biasanya para professional dan eksekutif korporat tinggi, tapi memiliki pengeluaran yang sama besarnya dengan penghasilannya. Mereka yang mengendarai mobil mewah keluaran terbaru, terbang dengan pesawat kelas satu dll

b.Mereka yang memperoleh warisan melimpah

Ini adalah kelompok orang yang tidak perlu memeras keringat. Para miliuner dadaka ini tak memahami nilai uang karena tidak pernah kerja keras untuk memperolehnya.

c.Para selebritis yang sangat berbakat.

Mereka tidak memperoleh kekayaanya karena kecerdasan finansial, tetapi karena mereka dikaruniai bakat luar biasa dalam bidang menyanyi, acting dan olahraga. Oleh karena harta kekayaannya di peroleh dengan mudahh maka dengan mudah pula menghambur hamburkannya.
Seperti contoh Mike Tyson, dan Michael Jackson, gaya hidupnya yang boros membut mereka jatuh dalam kebangkrutan.

Lalu seperti apakah prinsip nomor satu para miliuner ?

1.Mereka sangat hemat dan hidup di bawah standart kemampuan mereka.

Bill Gates mampu mengumpulkan kekayaan $46 Miliyar karena sifatnya yang hemat
Pendiri IKEA Ingvar Kamprad sebagai salah satu orang tekaya di dunia disebut sebut masih terbang menggunakan pesawat kelas ekonomi mengendarai Volvo Tua dan membeli sayur dan buah sore hari ketika harganya sudah mulai turun

2.Sederhana namun tidak pelit

Satu point yang perlu dicatat ialah meskipun banyak miliuner yang hidup sederhana, beberapa bahkan sangat hemat, mereka tidak berarti pelit.
Mereka tidak akan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang dirasa mewah, berlebihan dan boros. Rata rata dari para miliuner justru mendonasikan sebagaian hartanya untuk kepentingan social dan tetap dengan prinsip hidup yang sederhana dan hemat.


Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di pribadi dan usaha anda.

Salam UINPreneurs “ Komunitas Wirausaha di Kampus UIN Jakarta ”