Ads Top

UIN Jakarta Dorong Ekonomi Kreatif Lewat UIN Creative Preneurs



JAKARTA. Untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif di kalangan mahasiswa, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta mendirikan Pusat Ekonomi Kreatif (Pekraf) UIN Jakarta. Lembaga otonom ini diharapkan mampu memberdayakan ekonomi kreatif mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus.

Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada dalam peresmian lembaga ini, Kamis (10/12) mengatakan, Pusat Ekonomi Kreatif UIN Jakarta bertujuan mengembangkan potensi dan kreativitas mahasiswa sebagai bekal nanti. “Ini juga bisa menjadi fasilitator dan interaksi antara pelaku ekonomi kreatif, mahasiswa, dan pemerintah,” katanya.

Pekraf UIN Jakarta ingin mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidang ekonomi kreatif, memfasilitasi berkembangnya potensi industri kreatif di masyarakat, memberikan pelatihan dan pendampingan pelaku industri kreatif, dan membantu pembukaan pasar lebih luas, baik nasional maupun internasional.

Dede menambahkan, Pusat Ekonomi Kreatif dapat melengkapi kontribusi UIN Jakarta bagi umat dan bangsa. Bila selama ini perguruan tinggi lebih banyak berkutat pada pengembangan akademik dan pengajaran, melalui pusat ekonomi ini diharapkan bisa berkiprah lebih jauh dengan terlibat langsung dalam kegiatan advokasi, riset, dan pendampingan ekonomi.

Apalagi dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC), diperlukan kesiapan dari masyarakat Indonesia untuk berkompetisi dengan masyarakat ekonomi dari negara-negara di ASEAN. Selain produksi dan permodalan, kesiapan juga mencakup sisi sumber daya manusia yang kompetetif dan dapat bersaing. “Pekraf sangat diharapkan dalam memberdayakan ekonomi ummat sehingga siap menjadi pelaku utama di pasar ASEAN, bahkan dunia,” tambahnya.

Direktur Pekraf Rizaluddin Kurniawan dalam kesempatan yang sama menambahkan, lembaga ini bertujuan mengembangkan semangat dan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat. Apalagi lembaga ini juga bekerjasama mengadakan sebuah event dengan Komunitas Wirausaha Mahasiswa UIN (UIN Preneurs).

Ketua Komunitas Wirausaha Mahasiswa UIN (UIN Preneurs) Iqbal Zaenal Muttaqin berharap kehadiran Pekraf bisa lebih memperkuat kesadaran wirausaha di kalangan mahasiswa UIN Jakarta. Komunitas UIN Preneurs telah memiliki anggota lebih dari 100 orang mahasiswa yang bergerak di berbagai sektor ekonomi kreatif, baik kuliner, teknologi, animasi, dan fotografi. “Mudah-mudahan kehadiran Pekraf bisa mengayomi aktifitas wirausaha mahasiswa,” harapnya.

Sejumlah tokoh dan praktisi ekonomi kreatif turut hadir dalam peresmian ini, antara lain Menteri Perindustrian RI 2005-2009 Fahmi Idris, Wakil Ketua Umum BAZNAS Zainulbahar Noor, Direktur Utama Perum Jamkrindo Diding S. Anwar, Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial, aktor dan produser Haykal Kamil, aktris dan owner Meccanism Zaskia Adya Mecca, CEO Kaskus Andrew Darwis, CEO www.gerakcepat.com Chaerany Putri, Founder KOPITIAM Mahatma Gandhi, dan Founder Peace Generation Irfan Amalee.