Ads Top

Buah Kecewa Dan Sewa (www.pondoksepeda.com)



Sejarah Pondok Sepeda
Semakin hari semakin banyak saja mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang datang ke kampus dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Sayangnya, pertumbuhan kendaraan yang semakin tinggi tidak diimbangi dengan lahan parkir yang ada.

Berawal dari kegelisahan itu, akhirnya, Supriyadi dan teman-temannya mendirikan Komunitas Sepeda Sehat UIN. Komunitas yang bisa dibilang baru ini, berdiri pada 2 Oktober 2012  di Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK).

Sebenarnya, alasan awalnya tidaklah se-“idealis” itu. Pria berperawakan kurus ini bercerita, mulanya ia mengunjungi salah satu kampus negeri di bilangan Depok, Jawa Barat. “Karena saya tidak membawa kendaraan, saya ingin menyewa sepeda karena kampusnya sangat luas,” kenang pria yang akrab disapa Cuplis ini.

Ia pun mendatangi salah satu “kios” yang memajang banyak sepeda dengan maksud meminjam. Namun sayang, ketika ia diminta menunjukkan kartu identitas mahasiswa ia ditolak. “Saya bukan mahasaiswa UI, tapi UIN, sehingga tetap tidak diizinkan untuk menyewa.” Ia pun bermaksud membayar sejumlah uang sewa agar bisa menggunakan sepeda itu, tetap saja ditolak. “Menyebalkan,” gerutunya.

Syukurnya, “kekesalan” Cuplis tersebut melahirkan inisiatif untuk membuka “bisnis” sewa-menyewa sepeda di kampusnya, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. “Tujuan awalnya membuka usaha sewa sepeda hanya untuk memfasilitasi mahasiswa yang mau sewa sepeda murah ketika mau pakai sepeda,” jelasnya.

Kini, tiga tahun berjalan, cuplis memiliki  asset 50 unit sepeda dengan 2 orang sebagai pengelolah dengan brand usaha Pondok Sepeda ( www.pondoksepeda.com ). Pondok sepeda tidak hanya jual jasa persewaan sepeda kayuh, namun sekarang usahanya menyediakan produk jasa persewaan kamera dan alat – alat kemping atau kemah.

Informasi sewa sepeda, kamera atau alat kemping
08989369294 / 51fbb6ad
www.pondoksepeda.com