Ads Top

Muhammad Rizki Firdaus, Owner Batik Roll Cake Ala Kiki



Muhammad Rizki Firdaus adalah owner Batik Roll Cake yang juga merupakan salah satu anggota UINpreneurs. Usaha ini telah dijalani sekitar 3 bulan terakhir. Walaupun terbilang masih baru Batik Roll Cake ini sudah mengudara sampai ke kementrian. 

Berawal dari kegagalan kegagalan berusaha sebelumnya,
Kiki -sapaan akrab beliau- telah menemukan passionnya dibidang kuliner. Sejak kelas 2 SMA, Kiki yang mengawali pengalaman wirausahanya dengan berdagang asongan di SD. Lalu beralih menjual ayam bakar dan nasi timbel sampai akhirnya modalnya habis lalu akhirnya ia menyewakan halaman rumahnya yg cukup luas untuk disewakan ke pedagang lain. Pada akhirnya kembali membuka warung rokok dekat sekolahnya, alasannya untuk tambahan uang jajan dan agar mendapat rokok gratisan, karna ketika saat itu beliau masih merokok. Karena tidak mendapatkan izin dari ayahnya untuk berdagang (pedagang rokok) akhirnya ia berpikir untuk tetap berbisnis tp bukan jd pelaku utama tetapi tetap mendapatkan passive income dari bisnisnya itu. Akhirnya Kiki meminta sedikit modal dari ayahnya untuk ternak kambing.

Bersama 2 orang temannya, ia menjadi pemegang saham terbesar tetapi tdk terjun langsung dan hanya mendapatkan passivpassive income. Yang mengelola ternak itu adalah temannya yang memegang saham terendah. Tetapi pada perjalanannya, ketika Kiki pergi KKN usaha kambingnya mengalami kendala yaitu kambing yang dimilikinya hilang 13 ekor.

Bukan seorang yang berjiwa pengusaha bila menyerah sampai disitu, Kiki mencoba untuk menekuni kembali usaha kuliner dengan mencoba membuat cake kali ini, hasil pertama memang bad alias kue buatannya bantet tidak mengembang. Tapi usaha terus dilakukan sampai mendapatkan rasa yg better, mengutip sedikit pesan dari Kiki "yang penting itu adalah takaran" jadi bagi temen temen yang mempunyai usaha kuliner perhatikan takaran.

Ketika ia telah mendapatkan cita rasa yang khas, Kiki memikirkan kembali apa yang kira-kira unik agar roll cake yang dijual beda dari roll cake yg dijual umumnya. Akhirnya munculah ide bahwa ia ingin mengharumkan nama Indonesia bahkan sampai go international. Indonesia khas dengan batiknya, muncul lah ide untuk melukis batik diatas cakenya.